tale 2

I cannot teach anybody anything, I can only make them think.

Socrates

Tao Te Ching.  Di hari senjanya, sang guru memutuskan untuk menyepi ke Barat, ke wilayah Himalaya. Para murid berkeras untuk tidak melepaskan guru mereka menjemput ajalnya sendirian dalam pertapaan sepinya. Namun pada akhirnya terjadilah kesepakatan, sang guru diminta untuk menurunkan ilmu dan kebijaksanaannya dalam kitab tertulis sebagai  bekal dan petunjuk untuk para murid selepas sang guru pergi. Dengan berat hati, sang guru akhirnya menyepakati pengkitaban wahyunya.

dan hal pertama yang diberikan sang guru untuk murid-muridnya.

Semua Tao, yang mampu  dituliskan dalam kitab ini, adalah bukan Tao yang sebenar-benarnya.

Advertisements

6 Comments

  1. Madam Igun said,

    28 January 2009 at 08:25

    Ajaran Tao tuh sama kaya ajaran Zen yah???

    @_@ jelasin dikit donk…..

  2. rubah pertapa said,

    28 January 2009 at 09:33

    beda mbak yu ivan.. Tao turunan langsung dari ajaran guru besar Tao Te Ching, dari daratan Cina. kalow Zen, cabang dari Tantra Buddhisme, di China dikenal dengan chan. Beda ajaranya, tar 7 pages lage komennya..next dah satu2!

  3. Madam Igun said,

    28 January 2009 at 09:42

    Berarti next post jelasin donk tentang bedanya ajaran Tao sm Zen….

    Pending request: Penjelasan Ajaran Tao & Ajaran Zen

  4. si bijaksana mamanya anak-anak.. said,

    28 January 2009 at 11:44

    hem.. hem.. bagus, nak.. kamu sudah semakin mendalami ajaran-ajaran tao yang beda sama ajaran-ajaran zen.. bagus.. bagus..

  5. Madam Igun said,

    29 January 2009 at 15:16

    iihhhhh… apanya yg mendalami… ngerti aja belum…
    bilang aja terus terang klo males ngejelasinnya…
    gue cabut deh requestnya, udah pasti ga akan dibikin post nyeh…

  6. Madam Igun said,

    16 February 2009 at 07:45

    Oohhhhh…..
    Jadi ajaran tao sm zen itu tentang Tuhan yah…..??
    Gua kira ajaran tentang hidup selaras dengan alam…..
    Ato ajarannya banyak cakupannya kali yah??
    Biar jelas cek di wikipedia aja ahhh…….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: